Bincang-bincang Dengan Penjabat Bupati Kabupaten Lany Jaya, Ir. Pribadi Sukartono, MM

Berdayakan SDM dan Dekatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Belum cukup sebulan usia Kabupaten Lany Jaya sebagai kabupaten definitif dengan Penjabat Bupatinya Ir. Pribadi Sukartono, MM. Meski baru seumur jagung namun mantan sekda Tolikara ini punya kemauan kuat untuk membawa perubahan bagi masyarakat yang mendiami 10 distrik ini. Apa saja program pembangunan yang akan dilaksanakannya?

LAPORAN DJOKO S, WAMENA

MURAH SENYUM. Inilah sosok yang terlihat pada penjabat bupati Lany Jaya, Ir. Pribadi Sukartono, MM, saat berbincang bincang dengan Cenderawasih Pos.

“Hal mendasar yang melatar belakangi terbentuknya kabupaten Lany Jaya adalah untuk memperpendek rentang kendali dalam pelayanan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” tutur Sukartono mengawali bincang-bincangnya dengan Cenderawasih Pos.

Dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dalam rangka pelaksanaan kebijakan desentralisasi otonomi daerah pada hakekatnya Pemkab Lany Jaya memberikan kesempatan kepada aparatur pemerintah yang ada dalam membangun struktur kelembagaan pemerintahan daerah yang sesuai dengan kebutuhan daerah dan kepentingan masyarakat.
Hal itu akan dilakukan dengan mengembangkan dan memberdayakan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten dan profesional serta lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.
“Dalam penataan kelembagaan daerah itu akan didasarkan kepada kemampuan keuangan, ketersediaan personil, peralatan dan dokumen resmi yang ada dengan memperhatikan jumlah penduduk dan luas wilayah,” ujarnya.

Tujuannya adalah untuk menjawab tantangan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang bersih dan berwibawa dengan menyusun kedudukan, tugas pokok dan fungsi susunan organisasi tata kerja perangkat daerah kabupaten Lany Jaya,” ujarnya.

Untuk mempercepat proses pelaksanaan pembangunan di Lany Jaya, langkah awal yang akan saya lakukan sebagai penjabat bupati adalah langsung berkantor di Tiom dan tidak membuka kantor perwakilan di Wamena,” tukas Pribadi. Hal itu bertujuan agar setiap aparatur pemerintah dan PNS yang bertugas di Lany Jaya mempunyai rasa kepedulian dan tanggungjawab yang besar serta berdisiplin dalam menjalankan tugasnya.

“Ada tiga tugas pokok yang harus saya selesaikan, yaitu pertama pembentukan organisasi, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), kedua memfasilitasi penyelenggaraan pemilu legislatif 2009 dan yang ketiga memfasilitasi pelaksanaan pilkada 2010,” tegas Pribadi.

Menurutnya hal yang tidak kalah pentingnya dalam mencapai keberhasilan tugas yang diemban adalah masalah rumah yang diperuntukkan bagi aparatur dan PNS sebagai sarana tempat tinggal. “Aparatur dan PNS itu akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik bila didukung dengan sarana tempat tinggal yang memadai sehingga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat terlaksana secara maksimal,” ujarnya.

Untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri, pihaknya akan mengembangkan pertanian dalam arti luas sesuai dengan topografi wilayah Lany Jaya yang berbukit dan bergunung-gunung. “Untuk jangka panjang, tanaman kopi arabika sangat cocok untuk dikembangkan, bahkan jenis tanaman lainnya seperti sayuran dan buah-buahan dapat tumbuh subur yang punya prospek menjanjikan,” ujarnya. Namun, untuk menggapai semua tujuan yang diinginkan itu, kunci utamanya terletak pada kualitas Sumber Daya Manusia(SDM) yang handal dan professional.

Data Pribadi Penjabat Bupati lany Jaya :
1. Nama : Ir. Pribadi Sukartono, MM
2. T4/tanggal lahir : Nganjuk, 9 Juni 1952
3. Pangkat/Gol : Pembina Utama Madya (IV/d)
4. Agama : Islam
5. Nama Istri : Theresia Tri Wahyuni Pribadi
6. Nama anak : 1. Galih S. Pribadi, ST
2. Ratih C. Pribadi, SP, MM
3. Safitri S. Pribadi, SH

Ruang Lingkup Perjalanan Karier :
1. Tahun 1981-1983. Pjs. Kasi Perhubungan Tel Bappeda Biak
2. Tahun 1983-1986. Plh. Ketua Bappeda Biak
3. Tahun 1986-1994. Kasi pertanian Bapeda provinsi Papua
4. Tahun 1994-2001. Ketua bapeda kabupaten Jayawijaya
5. Tahun 2001-2003. Kepala Bapedalda kabupaten Jayawijaya
6. Tahun 2003-2006. Seketaris daerah kabupaten Tolikara
7. Tahun 2007 s/d sekarang Kepala Badan Diklat kabupaten
Jayawijaya
8. 21 Juni 2008 s/d sekarang Dilantik sebagai Penjabat bupati Lany
Jaya oleh Mendagri, H. Mardiyanto di Wamena.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s